Pencahayaan Rumah Minimalis
31
Jul

Pencahayaan Rumah Minimalis

Pencahayaan Rumah Minimalis

Untuk anda yang ingin memiliki rumah idaman seperti rumah minimalis, pencahayaan rumah merupakan suatu hal yang penting untuk diterapkan. Salah satu hal yang harus anda perhatikan untuk mewujudkan rumah impian anda adalah mengatur pencahayaan rumah minimalis agar rumah terasa nyaman untuk dihuni.

Pertanyaan tentang pencahayaan rumah minimalis seperti seberapa penting kah pencahayaan rumah? Penting bagi anda untuk bisa mengatur suasana rumah sedemikian rupa agar rumah anda menjadi nyaman. Salah satu faktor penting yang dapat membuat suasana rumah menjadi bagus adalah penataan cahaya yang tepat.

Dalam hal pencahayaan rumah minimalis, rumah yang minim cahaya apalagi gelap gulita, tidak akan membuat rumah tersebut indah. Namun rumah yang penuh dengan cahaya pun tidak baik karena menjadi panas. Rumah kaca contohnya. Lalu seperti apakah rumah yang baik? Tentunya rumah dengan pencahayaan yang tepat. Berikut merupakan tips bagaimana memiliki pencahayaan yang tepat untuk rumah anda. Sehingga rumah anda menjadi lebih nyaman.

Hal yang harus diperhatikan dalam mengatur pencahayaan rumah minimalis adalah pemilihan sumber cahaya. Ada dua macam sumber cahaya, yakni melalui lampu dan cahaya matahari.

Pencahayaan Rumah Minimalis #1 – Desain Pencahayaan Ruangan dengan Cahaya Matahari

Untuk desain pencahayaan rumah minimalis ruangan dengan cahaya matahari, anda dapat menggunakan jendela di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan jendela kaca dan ditutup dengan tirai yang agak tebal atau bisa juga tirai yang warnanya cerah sehingga dapat memantulkan cahaya matahari dari luar ruangan ke dalam ruangan. Pemilihan warna tirai dapat mempengaruhi warna cahaya matahari dan warna cahaya yang teduh dapat menjadikan suasana rumah anda menjadi nyaman.

Dalam pencahayaan rumah minimalis, usahakan anda memiliki jendela lebih dari satu di rumah. Sehingga nantinya cahaya matahari dapat masuk ke rumah, dan membuat rumah anda menjadi lebih terang. Kamar tidur dapat dipasang jendela kaca yang besar, dengan dilengkapi tirai. Anda tentu tahu hotel maupun villa yang mewah biasanya menggunakan cara yang sama, agar saat pagi menjelang, jendela tersebut dapat dibuka, sehingga cahaya matahari pagi dapat masuk menerangi ruang tidur anda.

Selain jendela, anda juga dapat menggunakan langit-langit atau atap yang diganti dengan kaca ataupun bahan lain yang bisa membuat cahaya tembus kedalam rumah. Hal tersebut dapat anda tempatkan di ruang tengah sehingga pencahayaan rumah minimalis ketika siang hari ruang tengah anda tetap terang karena sinar matahari. Fentilasi udara diatas jendela kaca juga dapat menjadi sarana masuknya cahaya kerumah. Gunakan 3 sarana itu dengan baik maka rumah anda akan dengan mudah dimasuki cahaya matahari yang cukup.

Pencahayaan Rumah Minimalis #2 – Desain Pencahayaan Ruangan dengan Lampu

Untuk desain pencahayaan rumah minimalis ruangan dengan lampu, anda dapat menggunakan berbagai macam variasi cahaya lampu. Tentunya anda harus memilih yang paling pas untuk kebutuhan rumah anda. Untuk pemilihan tata letak lampu sendiri selain lampu gantung di atas langit-langit, anda dapat menggunakan lampu di sudut ruangan, ditambah dengan lampu diatas meja.

Pada pencahayaan rumah minimalis, sebagai penghias ruang tamu, anda dapat menggunakan berbagai variasi warna lampu, tidak harus selalu berwarna putih. Memang warna putih dapat membuat terang ruangan, namun akan lebih baik jika anda menyesuaikan dimana letak lampu tersebut dan cahaya yang dibutuhkan. Untuk ruang tamu, pilihlah warna yang terang, anda dapat menggunakan warna putih, ataupun warna redup agar terlihat eksotis.

Untuk warna lampu jangan terlalu banyak warna, pilih satu warna lampu yang dominan. jika anda memiliki hiasan pada ruang tamu selain sofa misalnya lukisan, anda dapat menggunakan lampu tambahan diatas lukisan tersebut. Contohnya dengan menggunakan lampu fokus. Sesuaikan warna lampu dengan kebutuhan rumah anda, ruang tamu berbeda dengan dapur maupun ruang belajar. Dalam pencahayaan rumah minimalis, dapur dan ruang belajar lebih membutuhkan warna lampu yang terang karena untuk mendukung aktifitas bekerja dan konsentrasi. Ruang tamu dapat anda beri variasi lain, tidak harus sangat terang asalkan nyaman. Begitu juga dengan kamar tidur, suasana nyaman lebih diperlukan.

Untuk itu pada pencahayaan rumah minimalis, pilih warna-warna redup agar suasana menjadi lebih nyaman. Atau agar anda bisa memilih pasang dua lampu, satu lampu untuk langit-langit yang berwarna terang, satu lagi lampu hias untuk dipasang di meja yang biasanya ada tudungnya. Model lampu yang kedua pilih yang ada pilihan kadar terang cahayanya. Jaman sekarang banyak lampu hias yang dapat diatur cahayanya, sesuai dengan pilihan anda.


Sekian artikel tentang Pencahayaan Rumah Minimalis. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menghubungi kami untuk layanan jasa desain arsitektur. Jasa desain interior, jasa kontraktor bangunan, jasa renovasi bangunan, jasa studi kelayakan dan jasa desain landscape.

Masuk ke halaman kontak atau menghubungi nomor +6281237717715.
Jangan lupa untuk mengikuti kami di media sosial:

Lihat pula: Portofolio proyek jasa desain arsitektur. Jasa desain interior, jasa kontraktor bangunan, jasa renovasi bangunan, jasa studi kelayakan dan jasa desain landscape EXACON – Design and Constructions.