Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur
22
Okt

Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur

Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur

Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur.

Cara Menggambar Arsitektur

Agar gambar yang dibuat berkualitas baik diperlukan teknik menggambar yang baik pula. Alat tolong gambar, laksana meja gambar atau alas gambar usahakan ditata dengan posisi atau letak yang baik. Agar nyaman saat menggambar, luas alas gambar (dapat berupa papan atau meja gambar) idealnya lebih banyak dari media (kertas) gambarnya.

Lihat juga: Prinsip dan Peralatan Menggambar Arsitektur

  • Media (kertas) gambar ditaruh pada meja gambar dengan penataan yang baik untuk mempermudah posisi menggambar.
  • Media (kertas) gambar ditaruh pada meja/alas gambar dengan teknik ditempel memakai selotip atau andai menggunakan meja gambar magnet pakai lempengan logam yang menempel pada meja gambar. Dengan begitu, gambar tidak gampang bergeser.
  • Agar dapat menciptakan gambar pada kertas gambar, posisikan meja gambar sesuai keperluan adakalanya mesti ditingkatkan posisinya (tegak/vertikal) sejumlah derajat dari posisi tidur/ horizontal. Kemiringan meja gambar ini paling relatif besarnya tergantung dari kebutuhan.
  • Posisi badan usahakan tegak dan gampang untuk bersandar sampai-sampai akan lebih nyaman dan tidak menyebabkan keletihan tubuh dengan cepat. Di samping itu, posisi kaki pada ketika duduk dan melakukan kegiatan menggambar usahakan tidak dalam posisi menggantung. Kalaupun posisi duduk mesti tinggi, perlu pengampu kaki untuk menyangga posisi kaki supaya tetap menapak. Hal ini guna menghindarkan kelelahan
    pada wilayah kaki ketika menggambar.

– PENSIL/PENA

Ada sejumlah macam kiat memegang pensil/pena ketika menggambar. Prinsipnya ialah kemudahan dalam mengerjakan penggambaran garis (membuat “tarikan” garis). Di bawah ini ditunjukkan salah satu teknik dalam memegang pensil/pena yang relatif nyaman dalam menciptakan garis/gambar.

– PENGGARIS

Untuk mendapatkan kualitas garis yang baik, digunakan alat bantu penggaris.

1. MEMBUAT GARIS SEJAJAR DENGAN PENGGARIS

Cara menciptakan garis sejajar dapat dilaksanakan dengan memakai dua buah penggaris. Salah satu penggaris diciptakan dalam situasi statis/diam sebagai penggaris acuan, sementara penggaris yang kedua bergeser cocok dengan jarak garis yang diinginkan.

  • Penggunaan dua penggaris segitiga guna menghasilkan garis-garis sejajar dengan menggeser penggaris kedua ke atas.

2. MEMBUAT GARIS-GARIS SECARA TANGAN BEBAS (FREE HAND)

Sebagai seorang arsitek, menciptakan gambar kadangkala tanpa memakai alat tolong penggaris. Dengan demikian, pelajaran untuk bisa menggambar dengan teknik tangan bebas (free hand) usahakan tidak jarang dilakukan. Dengan berlatih, unik garis secara horizontal, vertikal, dan diagonal ke kiri maupun ke kanan, dapat dilaksanakan tanpa mesti merubah posisi kertas gambar. Sebagai ilustrasi, inilah ini ditunjukkan secara sederhana pelajaran pembuatan garis-garis horizontal, vertikal maupun diagonal sebagai unsur dari proses pembelajaran menggambar teknik.

a. Langkah kesatu

Diawali dengan penciptaan garis vertikal, dari arah atas ke bawah dan dilanjutkan dengan garis horizontal, dari arah kiri ke kanan.

b. Langkah kedua

Pembuatan garis horizontal dari kiri ke kanan.

c. Langkah ketiga

Dilanjutkan dengan penciptaan garis-garis diagonal. Pembuatan garis diagonal dari kiri bawah ke kanan atas.

d. Langkah keempat

Langkah terakhir ialah pembuatan garis diagonal dari arah kiri atas ke kanan bawah. Pembuatan garis horizontal dari kiri ke kanan.

Pembuatan seluruh garis tersebut dilaksanakan dengan kiat tangan bebas (free hand) dan memakai media kertas gambar yang posisinya tidak berubah-ubah.

Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur.

Huruf Tipografi Arsitektur

Informasi yang diserahkan pada gambar seringkali dilengkapi dengan notasi huruf dan jenis tipografi. Jenis huruf/ tipografi dalam arsitektur dipakai dengan sejumlah macam jenis font dan ukuran. Dalam menggambar kiat penulisan notasi dan tipografi memakai huruf kapital (besar). Sementara dalam pembuatannya dapat diserahkan garis tolong (ketebalan garis lebih tipis) supaya tulisan yang dibuat
sejajar dan lebih rapih.

Jenis tipografi dapat beragam, cocok dengan karakter huruf yang diharapkan atau dicocokkan dengan tingkat keperluan informasi yang diperlukan. Demikian halnya dengan tinggi huruf, bisa berbeda-beda cocok dengan kebutuhan. Tinggi huruf seringkali relatif dengan jarak huruf.

Jenis huruf dan angka tipografi bisa pula ditulis dengan posisi miring. Letak dan urutan tipografi secara umum pada posisi horizontal, namun tidak menutup bisa jadi akan ditaruh secara vertikal. Ada dua macam perletakan tipografi secara vertikal.

Salah satu manfaat dari tipografi ialah untuk menyerahkan informasi tentang sebuah nama gambar, ukuran (dimensi), jarak atau keterangan lainnya pada satu obyek gambar tertentu. Bagi itu, dibutuhkan pemilihan jenis tipografi, tinggi font, serta jarak spasi antar huruf / angka yang baik dan gampang dibaca.

Pengaturan letak tipografi juga ditata dan dicocokkan keberadaannya terhadap gambar yang menjadi obyek keterangan dari tipografi tersebut. Proporsi tipografi di samping terhadap gambar yang menjadi obyek penjelasan, pun proporsional terhadap besaran lembar/kertas gambar.

Penerapan tipografi pada satu eksemplar gambar yang telah diberi kop gambar, tinggi huruf dicocokkan dengan informasi yang diserahkan serta letak dan obyek gambar. Jenis font tipografi dicocokkan dengan jenis/macam informasi yang diberikan, yang mempunyai sifat umum hingga informasi yang eksklusif atau detail, dengan menerapkan elevasi yang berbeda-beda. Informasi yang diserahkan dengan memakai jenis font yang mempunyai sifat formal, gampang dibaca, dan jelas.

Penerapan tipografi pada gambar potongan. Tinggi jenis font dipisahkan untuk informasi yang mempunyai sifat umum dan yang lebih detail. Penggunaan tipografi dengan huruf oleng dapat dipergunakan guna gambar detail. Penerapan tipografi bisa pula berada pada bidang yang berwarna atau bergaris, sampai-sampai warna tipografi bakal disesuaikan supaya masih bisa terbaca dengan jelas. Adakalanya tipografi digunakan dengan memakai tata letak yang mempunyai sifat acak, miring, dan bertolak belakang ketinggian, seringkali dipakai untuk mengindikasikan satu identitas tertentu.

Jasa Desain Arsitektur Rumah, Kantor, Villa, Apartemen, Hotel dan lainnya

Exacon – Design and Constructions adalah perusahaan yang melayani jasa desain arsitektur di Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Serang tidak terkecuali di seluruh Indonesia. Exacon berkomitmen untuk menciptakan desain individual dan fungsional untuk memenuhi gaya hidup keluarga klien.


Sekian artikel tentang dasar-dasar menggambar arsitektur dengan judul Cara Menggambar dan Huruf Tipografi Arsitektur. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menghubungi kami untuk layanan jasa desain arsitektur. Jasa desain interior, jasa kontraktor bangunan, jasa renovasi bangunan, jasa studi kelayakan dan jasa desain landscape.

Masuk ke halaman kontak atau menghubungi nomor +6281237717715.
Jangan lupa untuk mengikuti kami di media sosial:

Lihat pula: Portofolio proyek jasa desain arsitektur. Jasa desain interior, jasa kontraktor bangunan, jasa renovasi bangunan, jasa studi kelayakan dan jasa desain landscape EXACON – Design and Constructions.